Judul KTI

Ads 468x60px

29 Desember, 2009

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK PADA BAYI 0-12 BULAN DI DESA XXXXk

Sejak lahir bayi akan memulai proses perkembangan motoriknya, yang diperlukan untuk mengambil tindakan terhadap sesuatu yang berhubungan dengan lingkungannya. Dalam kondisi ini bayi akan mulai mengumpulkan semua kemampuan dari pengalamannya di dunia, yang akan menjadi suatu keterampilan motorik baru yang kompleks dan akan terus berkembang. Saat kemampuan motorik ini berkembang, bayi akan mampu berinteraksi seutuhnya dengan lingkungannya (Suririnah.2009:170).

Pada dasarnya, yang dimaksud dengan perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Secara umum, perkembangan motorik dibagi menjadi dua yaitu motorik kasar dan motor halus. Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang melibatkan ketrampilan otot-otot besar. Gerakan-gerakan seperti tengkurap, duduk, merangkak, dan mengangkat leher adalah bagian dari aktivitas motorik kasar (Anonim, 2008).

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat gambaran pengetahuan ibu terhadap perkembangan motorik pada bayi 0-12 bulan di desa Sidoharjo kecamatan Penawartama Kabupaten Tulang Bawang tahun 2009.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel seluruh populasi dari ibu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan desa Sidoharjo kecamatan Penawartama kabupaten Tulang Bawang sejumlah 55 orang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner berjumlah 20 item pertanyaan.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil 8 orang ibu memiliki pengetahuan yang baik (14,55%), 34 orang ibu dengan pengetahuan yang cukup (61,82%), 13 orang dengan pengetahuan kurang (23,64%), dan tidak ada ibu yang berpengetahuan baik sekali.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motorik pada bayi 0-12 bulan di desa Sidoharjo secara umum adalah cukup.

Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu, Perkembangan Motorik, Bayi 0-12 Bulan



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page