Judul KTI

Ads 468x60px

02 Maret, 2011

Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas


Keberhasilan pencapaian kepuasan pasien pasti akan mengurangi atau menghindarkan terjadinya keluhan pasien dan sebaliknya akan mengubah keluhan menjadi kepuasan pasien. Pasien yang mengalami kekecewaan cenderung tidak mematuhi rencana pengobatan atau pindah ke fasilitas layanan kesehatan lain, hal ini ditunjukkan dari jumlah kunjungan pasien yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan puskesma lain. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh banyak faktor adapun faktor-faktor antara sebagai berikut kebersihan puskesmas, mendapat informasi yang menyeluruh, mendapat jawaban yang dimengerti terhadap pertanyaan pasien, memberikan kesempatan bertanya, waktu tunggu, dan biaya pelayanan. Berdasarkan fenomena tersebut dapat dirumuskan permasalahan bagaimanakah gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Karang Anyar.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas Karang Anyar Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2010.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang melakukan kunjungan di Puskesmas Karanganyar dengan jumlah populasi sebanyak 1152 orang, jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 108 orang dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Instrumen atau alat penelitian yang digunakan berupa angket dengan lembar kuisioner dengan cara ukur menggunakan skala linkert yang kemudian diolah dengan tehnik analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi. 
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan dilihat dari kebersihan Puskesmas adalah sebagian besar menyatakan puas yaitu 58,33%, dilihat dari cara petugas dalam memberikan kesempatan untuk bertanya sebagian besar menyatakan tidak puas yaitu 55,56%, dilihat dari lamanya waktu menunggu sebagian besar menyatakan tidak puas yaitu 53,70%, dan dari besarnya biaya layananan kesehatan adalah sebagian besar menyatakan tidak puas yaitu 52,78%. Kesimpulannya adalah gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan di Puskesmas karang Anyar adalah puas untuk pelayanan kebersihan dan tidak puas untuk pelayanan kesempatan bertanya, waktu tunggu dan biaya layanan. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan bagi Puskesmas Karang Anyar untuk dapat meningkatkan pelayanan khususnya terhadap para pasien rawat jalan.

Kata Kunci : Kebersihan, Kesempatan bertanya, Waktu tunggu, Biaya layanan, Tingkat kepuasan
Daftar Bacaan : 16 (1998-2010)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page