Judul KTI

Ads 468x60px

08 Maret, 2011

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar


Di negara berkembang seperti Indonesia, penyakit infeksi masih menduduki peringkat atas (65%) angka kejadian penyakit. Meskipun obat-obatan antibiotik sudah mudah didapat namun oleh karena kondisi alam, kebiasaan, dan tingkat sosial ekonomi yang belum mendukung terciptanya pola hidup yang bersih dan sehat maka angka kejadian penyakit infeksi masih cukup tinggi. Oleh sebab itu, upaya pencegahan sangatlah diperlukan. Salah satu upaya yang tengah digalakkan dewasa ini adalah imunisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar di Desa Bandarjaya Timur Kabupaten Lampung Tengah tahun 2009. 
Penelitian ini bersifat deskriptif, objek penelitian yaitu adalah ibu – ibu yang mempunyai bayi di Desa Bandarjaya Timur wilayah Kerja Puskesmas Bandarjaya. Sedangkan subyek penelitiannya adalah pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar di desa Bandar Jaya Timur. Total populasi pada penelitian ini yaitu 230 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah 58 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik sample random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisi 20 pertanyaan yang berkaitan dengan imunisasi dasar.  
Hasil penelitian serta kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gambaran pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT pada Bayi di Desa Bandarjaya Timur Kabupaten Lampung Tengah tahun 2009, sebagian besar dalam kategori kurang yaitu 44 orang (75,86%), imunisasi BCG sebagian besar dalam kategori cukup yaitu 28 orang (48,28%) imunisasi Polio sebagian besar dalam kategori baik yaitu 22 orang (37,93%) dan gambaran pengetahuan ibu tentang imunisasi Hepatitis B sebagian besar dalam kategori baik yaitu 24 orang (41,38%). Sedangkan gambaran pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar secara umum termasuk dalam kategori cukup yaitu 33 orang (56,9%).

Kata Kunci : imunisasi dasar, pengetahuan ibu 

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page