Judul KTI

Ads 468x60px

02 Maret, 2011

Hubungan Antara Pemberian vaksinasi BCG dengan Kejadian Penyakit TB pada Anak Usia < 15 Tahun


Jumlah penderita TB paru dari tahun ke tahun di Indonesia terus meningkat. Saat ini setiap menit muncul satu penderita baru TB paru, dan setiap dua menit muncul satu penderita baru TB paru yang menular. Setiap empat menit sekali satu orang meninggal akibat TB di Indonesia. Micobacterium tuberculosis (TB) telah menginfeksi sepertiga penduduk dunia. Kelompok yang paling rawan terinfeksi bakteri TB adalah bayi dan anak usia kurang dari 1 tahun. Pencegahan dengan Imunisasi atau vaksinasi merupakan tindakan yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketahanan tubuh yang lebih baik. Kasus penemuan TB di Puskesmas Payungrejo pada tahun 2009 untuk semua klasifikasi terdapat 32 kasus dimana 11 diantaranya (34,37%) merupakan kasus pada anak. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan pemberian vaksinasi BCG dengan Kejadian Penyakit TB pada Anak Usia < 15 Tahun.
Tujuan secara umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian vaksin BCG dengan kejadian TB pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas Payungrejo Kabupaten Lampung Tengah tahun 2009.
Metode penelitian yang digunakan yaitu analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah anak yang berusia < 15 tahun yang berobat ke Puskemas Payungrejo berjumlah 1897 anak dan sampel diambil 10% dari jumlah populasi sebanyak 189 anak dengan tehnik pengambilan systematic random sampling.
Hasil yang diperoleh bahwa proporsi  kejadian TB pada anak sebesar 10 orang (5,29%), proporsi status anak yang divaksinasi BCG sebagian besar dengan sebesar (87,30%) dan terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara kejadian TB pada anak < 15 tahun dengan status vaksinasi BCG dengan nilai              x2 hitung > dari x2 tabel dan nilai p value = 0,000 lebih kecil dari nilai  .
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara vaksinasi BCG dengan kejadian TB pada anak usia < 15 tahun di wilayah kerja Puskesmas Payungrejo Kabupaten Lampung Tengah tahun 2009. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak Puskesmas dapat meningkatkan upaya sosialisasi dan penyuluhan kepada para ibu tentang pentingnya vaksinasi BCG guna meningkatkan cakupan vaksinasi BCG di wilayah kerjanya. 

Kata Kunci : Hubungan, Vaksinasi BCG, Penyakit TB, Anak Usia < 15 tahun 
Daftar Pustaka : 23 (1998-2010)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA






Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page