Judul KTI

Ads 468x60px

23 April, 2011

Hubungan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Baru Lahir


Bayi  dengan  berat  lahir  rendah  atau  BBLR  (<  2500  gr)  akan  mengalami hambatan  perkembangan  dan  kemunduran  pada  fungsi  intelektualnya.  Masalah BBLR terkait dengan anemia pada ibu hamil (kadar Hb <11 gr %).
Penelitian  ini  bertujuan  mengidentifikasikan  hubungan  kadar  Hb  ibu hamil dengan  berat bayi lahir dengan menggunakan desain analitik korelasi. Penentuan jumlah sample dilakukan dengan menggunakan rumus besar sampel untuk koefisien korelasi   dengan   sampel   tunggal.   Dalam   penelitian   ini   ditetapkan   “level   of significance”  sebesar  .05,  “power”  sebesar  .80  dan “coefficient  correlations” sebesar .369, sehingga besarnya jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 orang. Pengumpulan  data  dilakukan  pada  bulan  Agustus  2010  terhadap  48  data  rekam medik di  RSUP Haji Adam Malik Medan  yang meliputi identitas sampel, kadar hemoglobin dan berat badan bayi lahir.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa ibu hamil yang menderita anemia (Hb < 11 gr %) sebesar 56,2 %, sedangkan bayi dengan BBLR sebesar 12,5 %. Melalui uji statistik korelasi Pearson diperoleh hasil tidak adanya hubungan kadar hemoglobin ibu hamil dengan berat badan bayi baru lahir (r = + 0,078) dengan p = 0,599 ( p  >  0,05). Penelitian ini belum bisa menunjukkan adanya hubungan antara kadar hemoglobin ibu hamil terhadap berat badan bayi baru lahir. Sebaiknya  dilakukan  penelitian  yang  memiliki  jumlah  sampel  yang  lebih banyak dengan karakteristik responden yang berbeda, sehingga dimungkinkan dapat dilihat adanya hubungan secara signifikan.

Kata kunci: hemoglobin, BBL, anemia besi

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page