Judul KTI

Ads 468x60px

19 Maret, 2012

Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap dengan Kelengkapan Imunisasi TT pada Ibu Hamil di PKM


Penggunaan imunisasi yang penting pada wanita usia subur dan ibu hamil adalah imunisasi TT yang berguna untuk mencegah terjadinya tetanus. Data organisasi kesehatan dunia WHO menunjukkan, kematian akibat tetanus di negara berkembang adalah 135 kali lebih tinggi dibanding negara maju. Tetanus neonatorum menyebabkan 50% kematian perinatal dan menyumbangkan 20% kematian bayi. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan imunisasi atau pencapaian imunisasi TT pada ibu hamil salah satunya adalah perilaku ibu terhadap imunisasi TT tersebut. Hasil studi pendahuluan di Puskesmas Rajabasa Lama terdapat 1 kasus tetanus mengakibatkan kematian bayi dan 70% ibu dengan pengetahuan yang baik, dan 60% dengan sikap tidak mendukung imunisasi TT
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan kelengkapan Imunisasi TT pada ibu hamil di PKM Rajabasa Lama Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu hamil pada bulan Januari 2012 yang berjumlah 182 orang. dan sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan tehnik simple ramdon sampling sejumlah 125 orang. Cara ukur yang digunakan dengan angket dengan alat ukur berupa kuisioner dan lembar checklist yang dianalisa secara univariat dengan distribusi frekuensi dan bivariat dengan uji chi square.
Hasil pengolahan data bahwa proporsi kelengkapan Imunisasi TT pada ibu hamil terbanyak tidak lengkap sebanyak 82 ibu (65,60%), distribusi frekuensi pengetahuan ibu hamil terbanyak dengan pengetahuan yang kurang  yaitu sebanyak 65 ibu (52,00%), dan distribusi frekuensi sikap ibu hamil terbanyak adalah dengan sikap tidak mendukung sebanyak 64 ibu (51,20%). Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dengan kelengkapan Imunisasi TT dengan p value 0,03, dan terdapat hubungan antara sikap ibu dengan kelengkapan Imunisasi TT dengan p value: 0,000.
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan kelengkapan Imunisasi TT di PKM Rajabasa Lama Kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur Tahun 2012. Berdasarkan hasil tersebut maka bagi pihak PKM untuk menyusun program KIA dengan penyuluhan pada ibu hamil mengenai pentingnya kelengkapan imunisasi TT.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Status Imunisasi TT
Daftar Bacaan : 22 (2001-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page