Judul KTI

Ads 468x60px

19 Maret, 2012

Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Pemantauan Pertumbuhan Balita Dengan Status Gizi Balita Di Posyandu


Kekurangan gizi di kalangan anak-anak masih umum di banyak bagian dunia. Menurut perkiraan baru-baru ini, 115 juta anak di bawah 5 tahun di seluruh dunia mengalami kekurangan berat badan. Di Indonesia persentase anak-anak berusia di bawah 5 tahun (balita) yang mengalami gizi buruk (8,8%) dan gizi kurang (19,24%). Pemantauan terhadap pertumbuhan balita masih ditemukan rendahnya balita yang mengalami kenaikan berat badan berdasarkan umur di posyandu desa Gondangrejo masih rendah (78,2%) dibandingkan target sebesar 80%. Dari hasil studi pendahuluan didapatkan bahwa dari 30 orang ibu yang mempunyai balita di Dusun I Desa Gondangrejo terdapat 18 orang ibu balita (60%) yang berpengetahuan kurang tentang pemantauan pertumbuhan balita.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pemantauan pertumbuhan balita dengan status gizi balita di posyandu Desa Gondangrejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu balita yang ada di Desa Gondangrejo Pekalongan Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 367 dan yang menjadi sampel berjumlah 192 ibu balita dengan tehnik pengambilan simple random sampling. Cara ukur yang digunakan dengan dengan angket dan alat ukur berupa lembar kuisioner dan lembar cheklist yang dianalisa secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil pengolahan data pengetahuan ibu tentang pemantauan pertumbuhan balita dengan pengetahuan kurang sebanyak 27,60% (53 dari 192 ibu) dan status gizi kurang sebesar 10,42% (20 dari 192 balita). Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang pemantauan pertumbuhan balita dengan status gizi balita dengan x2 hitung: 20,08 > x2 tabel 3,841.
Kesimpulan penelitian bahwa masih terdapat ibu dengan pengetahuan yang kurang tentang pertumbuhan balita, masih terdapat balita dengan status gizi kurang, dan terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang pemantauan pertumbuhan balita dengan status gizi balita di posyandu Desa Gondangrejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Berdasarkan hasil tersebut maka bagi pihak puskesmas dan bidan untuk lebih aktif dalam kegiatan posyandu guna memberikan penyuluhan tentang pemantauan pertumbuhan balita.

Kata Kunci : Pengetahuan, Pertumbuhan, Status gizi
Daftar Bacaan : 21 (1994-2010)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page