Judul KTI

Ads 468x60px

08 April, 2012

Hubungan Antara Post Natal Breast Care Dengan Bendungan ASI


Pembentukan sumber daya manusia dimulai sejak lahir dengan diberikannya ASI Ekslusif. Bayi yang tidak diberi ASI Ekslusif kurang mendapatkan antibody yang melindungi tubuh dari infeksi, sehingga bayi rentan mengalami diare yang merupakan penyebab kematian utama balita didunia. Angka kejadian diare pada bayi usia 1 bulan  sampai kurang dari 12 bulan di Kota Gajah pada tahun 2007 tercatat 35 kasus. ASI Ekslusif yang tidak terlaksana dengan baik dapat disebabkan oleh bendungan ASI. Bendungan ASI adalah pembengkakan payudara yang terjadi karena ASI tidak keluar. Angka kejadian bendungan ASI di BPS Wilayah Kerja Puskesmas Kota Gajah termasuk tinggi yaitu sebanyak 26% bila dibandingkan dengan Puskesmas Gunung Sugih 18,5% dan Puskesmas Terbanggi Subing 15,4%. Bendungan ASI di Kota Gajah salah satu penyebabnya adalah karena kurang terlaksananya Post Natal Breast Care oleh ibu post partum. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang hubungan Post Natal Breast Care dengan bendungan ASI.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Post Natal Breast Care dengan bendungan ASI di BPS Wilayah Kerja Puskesmas Kota Gajah Kabupaten Lampung Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah semua ibu bersalin pada bulan juni tahhun 2009 di BPS Wilayah Kerja Puskesmas Kota Gajah sebanyak 42 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi diambil sebagai sampel yaitu 42 ibu bersalin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah check list. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. 
Hasil penelitian diperoleh berdasarkan analisis univariat dari 42 responden sebanyak 40,48% mengalami bendungan ASI, yang melakukan Post Natal Breast Care 61,90%, pada tahap pelaksanaan Post Natal Breast Care diperoleh 52,38% dengan persiapan lengkap, 57,14% pelaksanaan baik dan evaluasi sesuai 64,29%. Hasil analisis bivariat p value (0,001) artinya ada hubungan yang signifikan antara Post Natal Breast Care dengan bendungan ASI dan nilai OR 12,6. 
Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan antara Post Natal Breast Care dengan bendungan ASI, oleh karena itu pengawasan pelaksanaan Post Natal Breast Care perlu ditingkatkan untuk menekan angka terjadinya bendungan ASI.

Kata kunci : Post Natal Breast Care, Bendungan ASI
Daftar bacaan : 28 (1986-2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page