Judul KTI

Ads 468x60px

30 September, 2012

Faktor Resiko yang Berhubungan dengan Kejadian plasenta Previa di pada ibu bersalin


Perdarahan pada saat kehamilan trimester ketiga merupakan salah satu komplikasi yang menyebabkan kematian ibu yang disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah karena plasenta previa. Data RSI Asy-Syifaa Bandar Jaya untuk tahun 2009 terdapat 12 kasus (2,83%), dan tahun 2010 mengalami peningkatan yaitu sebanyak 16 kasus (3,36%). Plasenta previa dapat menimbulkan terjadinya perdarahan hingga syok sampai kematian. Usia, paritas dan riwayat keguguran berulang merupakan faktor resiko atau penyebab terjadinya plasenta previa. 
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui faktor resiko yang berhubungan dengan kejadian plasenta previa pada ibu bersalin di RSI Asy-Syifaa Lampung Tengah tahun 2011.
Metode penelitian yaitu metode analitik dengan rancangan case control. Populasi kasus adalah semua ibu hamil dengan plasenta previa di RSI Asy-Syifaa Lampung Tengah tahun 2011 yang berjumlah 22 ibu dan populasi kontrol adalah semua ibu hamil yang tidak mengalami plasenta previa berjumlah 532 ibu hamil. Sampel kasus berjumlah 22 ibu dan sampel kontrol dengan perbandingan 1: 3 berjumlah 66 orang yang diambil dengan menggunakan metode systematic random sampling. Alat ukur berupa checklist yang dianalisa secara univariat untuk mengetahui proporsi tiap variabel dan bivariat dengan analisa fisher exact untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Hasil penelitian bahwa proporsi usia beresiko sebanyak 13,64%, proporsi paritas beresiko sebanyak 19,32%, proporsi keguguran berulang sebanyak 9,09%, hubungan antara usia dengan kejadian plasenta previa diperoleh p value: 0,009, dan OR: 5,693, hubungan antara paritas dengan kejadian plasenta previa pada ibu bersalin di RSI Asy Syifaa Bandar Jaya tahun 2011, diperoleh p value: 0,010 dan OR: 5,019, dan hubungan antara keguguran berulang dengan kejadian plasenta previa pada ibu bersalin di RSI Asy Syifaa Bandar Jaya tahun 2011, p value: 0,021dan OR : 6,176. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara usia, paritas dan keguguran berulang dengan kejadian plasenta previa di RSI Asy Syifaa Bandar Jaya tahun 2011. Perlu meningkatkan kewaspadaan pada ibu bersalin dengan faktor resiko terjadinya plasenta previa dengan persiapan terhadap penanganan ibu bersalin dengan plasenta previa dan meningkatkan pendidikan kesehatan ibu hamil untuk deteksi dini tanda-tanda bahaya kehamilan melalui penyuluhan kepada ibu hamil yang melakukan kunjungan pemeriksaan kehamilan.

Kata Kunci : Usia, paritas, keguguran berulang, plasenta previa 
Daftar Bacaan : 27 (1998-2011)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Ada pertanyaan ataupun komentar ....!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page