Judul KTI

Ads 468x60px

31 Desember, 2012

Faktor-faktor Rendahnya Kunjungan Balita di Posyandu

Posyandu merupakan satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh untuk dan bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan, guna memperdayakan masyarakat dan pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor rendahnya kunjungan balita di Posyandu Nusa Indah Desa Bandarejo Kecamatan Natar, ditinjau dari faktor pendidikan, ekonomi dan pekerjaan.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, subjek penelitian ini adalah ibu-ibu yang tidak membawa balitanya, objek penelitian ini adalah faktor-faktor rendahnya kunjungan balita di Posyandu Nusa Indah Kecamatan Natar Lampung Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu yang membawa balitanya ke Posyandu Nusa Indah yang berjumlah 56 orang dan sampel yang diambil sebanyak 34 orang dari populasi.
Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan alat ukur berupa kuesioner. Analisis data pada penelitian menggunakan analisis univariat. Dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, dengan hasil ukur berupa presentase.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor rendahnya kunjungan balita di Posyandu Nusa Indah Kecamatan Natar ditunjukkan dengan faktor tingkat pendidikan yang paling banyak adalah ibu dengan tingkat pendidikan rendah (SD, SMP) yaitu 24 orang (70,6%) berdasarkan tingkat ekonomi yang terbanyak adalah ibu dengan tingkat ekonomi rendah yaitu 31 orang (91,1%) dan berdasarkan pekerjaan ibu yang terbanyak adalah petani yaitu 17 orang (50%).
Kesimpulan dari penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kunjungan balita di Posyandu Nusa Indah Kecamatan Natar Lampung Selatan, menunjukkan bahwa faktor yang terbesar adalah faktor ekonomi dan faktor yang terkecil adalah faktor pekerjaan. Saran dalam penelitian ini, kepada bidan desa agar dapat memberikan informasi tentang kunjungan balita dan ibu-ibu dapat lebih aktif untuk meningkatkan rendahnya kunjungan balita di Posyandu Nusa Indah Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Kata Kunci : Kunjungan Balita, Posyandu

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page