Judul KTI

Ads 468x60px

01 Januari, 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah

Prevalensi Bayi Baru Lahir Rendah (BBLR) diperkirakan 15% dari seluruh kelahiran di dunia dengan batasan 3,3% - 38% dan lebih sering di negara berkembang atau sosio ekonomi rendah (90%) dan angka kematiannya 35 kali lebih tinggi dibanding pada bayi dengan berat lahir lebih dari 2500 gram. Angka kematian bayi di Bandar Lampung hingga akhir Mei tercatat 26 bayi meninggal. Jumlah bayi lahir menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Metro sebanyak 2.757 bayi dan 29 bayi diantaranya lahir dengan BBLR (32%) terdapat 57 bayi (2,1%) meninggal dan 21 bayi diantaranya meninggal di sebabkan oleh BBLR (36,8%). Di RB santa Maria Kota Metro dalam satu tahun adalah 410 bayi dengan 211 lahir di RB tersebut, 15 bayi diantaranya BBLR dan 199 bayi merupakan bayi titipan Dokter (dalam keadaan BBLR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah di RB Santa Maria Kota Metro. Subjek penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah di RB Santa Maria kota Metro, dengan objek penelitian yaitu pengetahuan ibu tentang perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah
Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan populasi seluruh ibu yang memiliki bayi dengan BBLR di RB Santa Maria kota Metro dan penelitian ini menggunakan sampel aksidental. Pengukuran variabel dengan menggunakan kuesioner yang berupa angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahua ibu tentang perawatan bayi dengan BBLR di RB Santa Maria Kota Metro secara umum termasuk dalam kategori baik (76,90%), pengetahuan ibu pada tingkat tahu termasuk dalam kategori baik (71,43%), pengetahuan ibu pada tingkat memahami termasuk dalam kategori baik (71,43%), dan pada tingkat aplikasi juga termasuk dalam kategori baik (42,86%).
Kesimpulan yang dapat diambil sebagian besar pengetahuan responden tentang perawatan bayi dengan berat badan lahir rendah di Rumah Bersalin santa Maria Kota Metro baik pada tingkat tahu, memahami, maupun aplikasi termasuk dalam kategori baik.

Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu, Berat Badan Lahir Rendah  

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page