Judul KTI

Ads 468x60px

02 Januari, 2013

Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Mual Muntah Pada Kehamilan

Salah satu perubahan fisiologis selama kehamilan adalah perubahan hormonal, kondisi tersebut dapat menyebabkan mual muntah. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang baik dan sikap positif dari ibu untuk mengatasi hal tersebut. Tingginya angka kejadian mual muntah di Puskesmas Batanghari pada periode Januari - September 2009 yaitu 21,8% dibandingkan dengan puskesmas Margotot yaitu 18,6%. Data pra survey tentang pengetahuan dan sikap ibu hamil yang dilakukan terhadap 10 orang di Puskesmas Batanghari didapatkan 4 orang (40%) ibu mempunyai pengetahuan tidak baik tentang mual muntah pada kehamilan, dan 6 orang (60%) ibu hamil mempunyai sikap tidak mendukung tentang mual muntah pada kehamilan. Mual muntah dapat mengakibatkan kekurangan gizi pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya, kegagalan dalam pembentukan organ yang sempurna dan bayi lahir dengan resiko berat badan lahir rendah (BBLR). Adapun tujuan secara umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang mual muntah pada kehamilan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, dengan populasi yaitu semua ibu hamil trimester I di Puskesmas Batanghari yang mengalami mual muntah pada  periode Januari s/d September 2009 sebanyak 42 orang dan teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh . Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen pengetahuan dan variabel dependen sikap. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, untuk analisa data  yang digunakan adalah uji chi square.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan didapatkan 22 orang (52,38%) mempunyai pengetahuan dalam kategori baik. Sedangkan untuk sikap sebagian besar 28 orang (66,66%) ibu hamil memiliki sikap mendukung tentang mual muntah pada kehamilan. Hasil analisis didapatkan harga chi square hitung lebih besar dari harga chi square table (4,78 > 3,84). Sehingga dapat disimpulkan  ada hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang mual muntah pada kehamilan.
Disarankan kepada bidan di Puskesmas Batanghari untuk tetap memberikan informasi tentang kehamilan pada ibu hamil,  diharapkan pengetahuan ibu tentang mual muntah pada kehamilan yang sudah baik ini akan meningkat lagi dan pembentukan sikap cenderung lebih baik.

Kata kunci         : Pengetahuan, Sikap, Mual muntah pada Kehamilan
Daftar Bacaan    : 18 (1998 – 2009)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page