Judul KTI

Ads 468x60px

16 Maret, 2013

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil


Status gizi ibu hamil merupakan salah satu indikator status gizi masyarakat. Hasil Riskesdas tahun 2010 sekitar 45-50 persen ibu hamil di Indonesia mengalami gizi kurang akibat tidak mendapatkan asupan energi dan protein yang cukup. Hasil pendataan dari BP. PT Great Giant Pineaplle (GGP) tahun 2010 terdapat 17,7% yang mengalami Kekurangan Energi Kronik (KEK)., dan meningkatan tahun 2011 menjadi 32,25%. Beberapa faktor yang turut berperan terhadap kejadian KEK adalah umur, berat badan, suhu lingkungan, aktivitas, status kesehatan, pengetahuan tentang zat gizi, status ekonomi, makanan dan status gizi ibu hamil
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Kurang Energi Kronis pada ibu hamil di BP PT GGP Terbanggi Besar Lampung Tengah tahun 2012.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu seluruh ibu hamil di BP PT GGP yang berjumlah 128 ibu hamil dan sampel diambil menggunakan tehnik accidental sampling dengan jumlah 97 responden. Cara ukur angket alat ukur kuisioner dan pengukuran LILA alat ukur meteran,  yang dianalisis secara univariat dengan tabel persentase dan bivariat dengan analisa chi square.
Hasil penelitian KEK sebanyak 30,93%, ibu dengan pengetahuan kurang baik sebanyak 34,02%, sosial ekonomi berisiko (<Rp. 1.200.000,-) sebanyak 34,02%, dengan jarak kehamilan berisiko (< 2 tahun) sebanyak 23,71%, dan asupan nutrisi yang tidak baik sebanyak 41,42%. Hasil uji chi square ada hubungan antara pengetahuan dengan KEK, dengan nilai p value 0,000, ada hubungan sosial ekonomi dengan KEK dengan nilai p value 0,000, ada hubungan jarak kehamilan dengan KEK dengan nilai p value 0,000, ada hubungan asupan nutrisi dengan kejadian KEK, dengan nilai p value 0,000 
Kesimpulan penelitian bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, sosial ekonomi, jarak kehamilan dan asupan nutrisi dengan KEK pda ibu hamil di BP PT GGP Terbanggi Besar Lampung Tengah tahun 2012. Berdasarkan hasil tersebut maka diperlukan penyuluhan, mengupayakan pemberian makanan tambahan oleh tenaga kesehatan BP.PT.GGP.


Kata Kunci : Kurang Energi Kronis, pengetahuan, ekonomi, kehamilan, nutrisi.
Daftar Bacaan : 25 (1998-2012)

Anda tertarik Untuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Fans Page